BANTUAN SOSIAL WARGA TERGUSUR DI KAMPUNG BANDAN

Bantuan sosial bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan dilandasi atas dasar adanya warga di sekitaran kampung bandan yang tergusur akibat proyek pelebaran jalur dari PT. KAI, hal ini membuat beberapa keluarga yang tinggal didaerah tersebut, anak-anak dan juga lansia harus kehilangan tempat tinggalnya. Akibatnya adalah munculnya masalah yang dialami warga yg terkena dampak dari penggusuran tersebut seperti ksehatan, kelayakan air, hingga prasarana penunjang lainnya. Oleh karena itu SWAYANAKA mengadakan kegiatan bansos (bantuan sosial) untuk meringankan sedikit beban bagi para korban penggusuran selama tinggal di pengungsian. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan membuka donasi, melalui group whattsap dan juga Instagram, facebook dan twitter. Hal ini dalam rangka memperoleh dana sebanyak banyaknya untuk membantu sekitar 36 keluarga yang tergusur di daerah kampung bandan.

Informasi mengenai penggusuran swayanaka didapat pada tanggal 25 juli 2020, kemudian Langkah yang diambil adalah kordinasi dikarenakan pandemi covid 19. Kordinasi dilakukan  online pada tanggal 27 juli 2020. Pada kordinasi tersebut dibahas mengenai bantuan apa yang akan diberikan. Setelah disepakati hasil penggalangan dana diserahkan berupa keperluan sehari-hari (sembako), selimut dan makanan ringan untuk anak-anak. Hal ini di dasari berdasarkan survey tim swayanaka sebelumnya pada tanggal 02 Agustus 2020. Dari survey kondisi para korban penggusuran memang hanya tinggal di tenda darurat dengan terpal plastik sebagai atap. Lampu seadanya dan untuk 1 tenda terdiri dari beberapa kepala keluarga.

Penyerahan bantuan diberikan pada hari minggu 09 Agustus 2020 di Kampung Bandan, Jakarta Utara. Sebelum penyerahan bantuan tim swayanaka berkoordinasi dengan ketua RT setempat, menjalin silaturahmi dengan warga setempat dan warga korban penggusuran serta menyapa adik-adik binaan swanaka jakarta yang tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan selalu cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Penyerahan bantuan dari donatur bertujuan untuk membantu meringankan beban saudara kita ditengah pandemi covid19 yang sedang kita alami saat ini. Dan hal ini di apresiasi oleh para korban penggusuran semoga menjadi kebaikan bagi para donaturnya. Karena membantu adalah tugas makhluk sosial, ada banyak orang yang membutuhkan bantuan orang-orang baik, mungkin dana memang sangat dibutuhkan teruntuk saudara kita yang membutuhkan, namun niat, kemauan dan aksi orang-orang baik untuk membantu juga lebih dari cukup.

By: Raina Rosidah

BANTUAN SOSIAL WARGA TERGUSUR DI KAMPUNG BANDAN